Categories
Artikel

Pilih Desa Lembung dan Jarin Sasaran KKN 2020

STIEBAKU-Desa Lembung, Kecamatan Galis Pamekasan dan  Desan Jarin, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, dipilih menjadi desa sasaran kuliah kerja nyata (KKN) Tematik 2020 STIE Bakti Bangsa Pamekasan.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STIE Bakti Bangsa Pamekasan Akh. Fawaid mengatakan, dua desa tersebut memiliki potensi dengan latar belakang yang berbeda. Desa Lembung, Kecamatan Galis Pamekasan, memiliki potensi pengembangan ekowisata mangrove yang sudah ada. Namun, memiliki beberapa masalah yang harus segera diselesaikan.

Salah satunya kata Fawaid, belum adanya kelembagaan yang bertugas secara khusus mengelola, merawat dan mengembangan kawasan ekowisata mangrove. Misalnya dikelola oleh pokdarwis. Peran mahasiswa STIE Bakti Bangsa Pamekasan, yakni mendorong terbentuknya kelembagaan pokdarwis ekowisata mangrove. Penyediaan ekonomi kreative dan segala jenis makanan, juga harus segera dipenuhi.

“Ketempat wisata itu, orang butuh makanan dan minuman, termasuk membutuhkan souvenir untuk dibawa pulang. Hal ini juga harus dipikirkan oleh pengelola wisata ataupun desa,”Ungkapnya.

Maka dalam pelaksanaanya terang Fawaid, LPPM STIE Bakti Bangsa Pamekasan, melalui mahasiswa KKN tematik 2 mendorong ada integrasi antara pengelola ekowisata mangrove dengan Badan Usaha Milik Desa (BumDes). Dengan skema ekowisata dikelola oleh pokdarwis, sementara penataan ekonomi kreative dikelola oleh bumdes.

Sementara di Desa Jarin, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, berdasarkan hasil identifikasi LPPM STIE Bakti Bangsa, ada potensi pengembangan produk unggulan desa dan pengembangan usaha kecil menengah.

Peran mahasiswa  KKN  kata Fawaid, akan didorong untuk meng-identifikasi kembali produk unggulan desa, serta menggali lebih dalam lagi potensi yang belum terbaca. “Melimpahnya pohon pisang di Desa Jarin, setelah diambil buahnya dan dibiarkan membusuk, saya harap agar bonggol pisangnya bisa diolah menjadi salah satu produk unggulan desa,”pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *